Tes Gula Darah, Asam Urat, Kolesterol, dan Tekanan Darah

Tes Gula Darah, Asam Urat, Kolesterol, dan Tekanan Darah


Tes Gula Darah, Asam Urat, Kolesterol, dan Tekanan Darah,- Hari ini saya melakukan 4 tes/cek yang berkaitan dengan darah, yakni:
  • Cek gula darah
  • Cek asam urat
  • Cek kolesterol
  • Cek tekanan darah

Hasilnya adalah sebagai berikut:
  • Cek Gula Darah

Cek gula darah ini dilakukan untuk mengetahui kadar gula dalam darah. Jika terlampau banyak, maka bisa menyebabkan diabetes. Untuk tes ini, saya sebelumnya sudah puasa dulu kurang lebih 10-12 jam. Jadi disebut sebagai tes gula darah puasa. Hasil tes dikatakan normal jika kadar gula dalam darah < 100. Hasil tes saya 84, jadi masuk kategori normal :D
  • Cek Asam Urat

Asam urat adalah hasil metabolisme protein yang berupa purin yang beredar dalam darah. Dalam kondisi normal hal ini bukan menjadi masalah. Namun ketika ginjal sudah tidak mampu lagi menyaring purin dalam darah, akibatnya kadar purin dalam darah menjadi tinggi. Hal ini menyebabkan purin akan terkonsentrasi terutama di persendian-persendian tubuh dalam bentuk kristal-kristal. Jika hal ini terjadi, maka dapat mengakibatkan nyeri yang hebat di persendian.
Kadar normal asam urat untuk wanita adalah < 5,5. Sedangkan untuk pria < 7,0. Saya melakukan tes asam urat hasilnya 5,4.
  • Cek Kolesterol

Kolesterol adalah lemak yang sebagian besar dihasilkan oleh organ hati. Selain itu, makanan yang dikonsumsi juga menyumbang kadar lemak dalam tubuh. Kolesterol dalam kadar cukup, baik untuk tubuh. Kolesterol tidak larut dalam darah. Oleh karena itu, untuk mendukung distribusinya, maka kolesterol akan diangkut oleh protein LDL(Low Density Lipoprotein) beredar bersama darah. LDL ini lebih sering disebut sebagai “kolesterol jahat“. Kenapa? Karena dalam jumlah yang besar, dapat menyumbat pembuluh darah. Jika sumbatan terjadi di otot/arteri jantung, bisa terjadi jantung koroner. Jika sumbatan terjadi di pembuluh otak, bisa menyebabkan stroke. Oleh karena itu, menjaga kolesterol tetap di kondisi normal sangat penting.

Saya melakukan puasa dulu untuk berbagai cek darah di atas, termasuk cek kolesterol ini. Cek kolesterol yang saya lakukan adalah tes kolesterol total. Karena tes kolesterol khusus LDL atau HDL tidak bisa dilakukan di apotek tempat saya cek darah ini. Kolesterol total normal berada di kadar < 200. Saya cek ternyata berada di 209… masih bonus 9 poin kebanyakan kolesterol. Tapi tenang, dengan olahraga dan menjaga konsumsi makanan yang banyak kolesterol akan membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah.
  • Cek Tekanan Darah

Cek tekanan darah biasanya 1 pasangan angka, misalnya 120/80. Artinya, angka 120 adalah tekanan jantung saat memompa darah keluar dari jantung. Sedangkan angka 80 adalah kondisi tekanan darah saat jantung pada kondisi tidak memompa dan akan siap memompa darah lagi. Untuk kondisi normal, tekanan darah akan berkisar 120/80. Saya tadi cek ternyata 114/76menuju darah rendah sedikit.

Tarif cek beberapa kondisi zat yang terkandung dalam darah di salah:

Cek asam urat = Rp 10.000,-
Cek gula darah = Rp 10.000,-
Cek kolesterol = Rp 20.000,-
Cek tekanan darah = Rp 2.000,-

Dengan melakukan cek rutin akan mengurangi resiko penyakit-penyakit yang tidak dikehendaki lebih dini.

Sumber: Asam Urat Lebih Banyak Menyerang Kaum Pria

Diberdayakan oleh Blogger.